Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Rambut Berketombe Dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Rambut Berketombe Dengan Mudah - Ketombe merupakan serpihan kulit mati pada kepala yang telah mengelupas dan menempel pada bagian rambut. Dan apabila anda mengaruk atau mengerakan kepala, maka ketombe tersebut bisa terjatuh di sertai dengan sedikit kerontokan pada rambut.


Hal tersebut terasa sangat memalukan bagi penderita ketombe, biasanya menyerang pekerja dengan tingkat kesetresan pekerjaan yang tinggi. Karena penyebab utama ketombe salah satunya adalah stres berlebihan serta tidak merawat rambut dengan teratur.

Salah satu cara mengatasi rambut berketombe tidak bisa hanya dilakukan dengan penggunaan shampo jenis anti ketombe saja. Hal ini dianggap tidak efektif karena zat aktif yang terdapat di dalam shampo nantinya akan hilang ketika rambut dibilas seusai keramas. Berikut merupakan beberapa cara mengatasi permasalahan rambut berketome.

Cara Mengatasi Rambut Berketombe Dengan Alami


1# Menggunakan Lidah buaya

Kandungan vitamin serta mineral yang terkandung di dalam lidah buaya mampu untuk merawat rambut. Aloe vera bisa digunakan sebagai conditioner yang berasal dari bahan alami dengan efek pendingin. Cara mengatasi rambut berketombe yang bisa dilakukan adalah:


  • Belah lidah buaya jadi dua.
  • Oles ke kulit kepala, diamkan 40 hingga 60 menit.
  • Lakukan rutin hingga ketombe hilang.
  • Bisa juga mencampur jus lidah buaya dengan shampo.


2# Menggunakan Buah Mengkudu

Sejak jaman dahulu, masyarakat telah menggunakan mengkudu sebagai bahan alami untuk mengatasi uban, rambut rontok, serta rambut berketombe. Karena buah ini, memberikan zat scolepetin pada kulit kepala yang berketombe. Cara pemakaian mengkudu untuk obat anti ketombe:


  • Siapkan mengkudu 2 hingga 3 buah.
  • Parut mengkudu dan beri tambahan air sedikit, campur merata.
  • Oles ke kulit kepala sembari dipijat dengan lembut, biarkan dalam waktu 10 hingga 15 menit.
  • Cuci hingga bersih. Lakukan langkah ini 2 hingga 3 kali dalam satu minggu hingga gatal serta rambut tidak berketombe lagi.


3# Menggunakan Bahan Masak Cuka

Cuka yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan memasak juga bisa digunakan bahan untuk mengatasi ketombe. Hal ini karena cuka bisa menghilangkan residu pada rambut serta membuat rambut menjadi bersinar. Sedangkan kandungan enzim dan kalium yang ada pada cuka bisa mengurangi ketombe serta gatal pada kepala. Cara mengatasi rambut berketombe dengan cuka adalah:


  • Campur cuka dengan air.
  • Sebelum tidur oles ke kulit kepala dan lilit menggunakan handuk.
  • Keramas esok harinya.


4. Menggunakan Buah Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang mempunyai banyak manfaat, terutama untuk mengatasi ketombe. Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi memberikan nutrisi pada kulit kepala. Berikut langkah yang dilakukan untuk mengatasi ketombe menggunakan jeruk nipis.


  • Setelah selesai keramas, oles kulit kepala dengan air perasan jeruk nipis.
  • Pijat dengan lembut dan diamkan dengan waktu 30 menit.
  • Bilas hingga bersih.
  • Air jeruk nipis tadi berfungsi untuk mengurangi gatal sebagai efek dari munculnya ketombe serta bisa mengatasi rambut berketombe.


5. Menggunakan Tanaman Kunyit

Kunyit mempunyai banyak kandungan yang memang berkhasiat. Kandungan di dalam kunyit diantaranya bisdesmetksikurkumin dan desmetoksikumin, kurkumin, minyak atsiri, vitamin C, karbohidrat, zat besi, fosfor, kalsium, dan lain sebagainya. Beberapa kandungan di dalamnya dipercaya dapat mengatasi permasalahan ketombe pada kulit kepala. Cara yang dilakukan adalah:


  • Siapkan kunyit berukuran 2 buah dari jari tangan.
  • Bersihkan kulit kunyit.
  • Parut dan peras airnya.
  • Oles ke kulit kepala sambil dipijat.
  • Diamkan selama 15 hingga 30 menit.
  • Cuci menggunakan air dingin hingga bersih. Ulangi langkah tersebut beberapa kali hingga ketombe hilang.

Cara Terbaik Mengatasi Rambut Ketombe


Ada banyak pilihan cara mengatasi rambut berketombe yang bisa dilakukan. Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Bahan untuk membuatnya juga mudah didapatkan. Bahkan bisa didapatkan secara gratis.

Salah satu bahan yang bisa didapatkan secara gratis adalah mengkudu. Pohon mengkudu biasa tumbuh secara alami baik di pekarangan rumah atau di jalan-jalan. Sehingga, ketika ingin menggunakan mengkudu sebagai bahan alami pembasmi ketombe, maka bisa mendapatkan secara gratis atau hanya tinggal minta orang yang mempunyai pohon mengkudu tersebut.

5 Cara Mengatasi Rambut Berketombe Dengan Mudah


Untuk buah mengkudu sendiri memiliki zat aktif yang mampu membuat kulit kepala yang berketombe dapat hilang seketika, Cara menggunakannya juga sangat mudah untuk anda lakukan sehari-hari dirumah.

Baca Lagi : 5 Cara Merawat Rambut Yang Rusak Paling Ampuh

Yang terpenting untuk mengatasi rambut berketombe adalah rajin merawat rambut dengan bahan herbal agar rambut tidak terkontaminasi dengan bahan kimia yang berasal dari shampo anti ketombe. Selain itu hindari stres berlebihan, usahakan agar tetap rileks setiap hari.

Apabila cara-cara diatas sudah anda jalankan namun belum juga sembuh, kemungkinan terjadi infeksi pada kulit kepala anda. Mungkin adanya jamur yang meyebabkan kulit kepala menjadi cepat mati. Untuk itu segera berkonsultasi dengan dokter kulit di kota anda.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Rambut Berketombe Dengan Mudah"