Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Merawat Rambut yang Rusak Paling Ampuh

Cara Merawat Rambut yang Rusak Paling Ampuh - Rambut merupakan bagian penting yang sangat berpengaruh bagi penampilan, khususnya wanita. Selain indah, Anda juga harus memiliki rambut yang sehat dan kuat agar terlihat menarik alami.

5 Cara Merawat Rambut yang Rusak Paling Ampuh


Apalagi para wanita zaman sekarang, sangat suka menggunakan pewarna rambut, melakukan bleaching dan smoothing rambut. Dan dipastikan rambut pasti dapat rusak karena efek dari bahan kimia yang ditimbulkan.

Untuk itu, mandapatkan kembali rambut indah dan tidak rusak cukup mudah untuk mewujudkan keinginan tersebut. Dan ada beberapa cara perawatan rambut yang rusak akibat proses kimia dan bisa Anda terapkan. Apa saja cara-cara yang dimaksud? Berikut ulasan selengkapnya.

Beberapa Cara Perawatan Rambut yang Rusak

Ada berbagai bentuk kerusakan pada rambut seperti rontok, bercabang, kering, dan sebagainya. Untuk mengatasi berbagai masalah kerusakan rambut tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa cara perawatan alami berikut ini.

1#  Menggunakan kemiri

Tahukah Anda bahwa kemiri merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang sangat dibutuhkan rambut? Bahan dapur yang mengandung kalium, zat besi, kalsium, dan sebagainya ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut rusak.

Cara perawatan rambut yang rusak dengan kemiri sendiri bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama, silahkan sangrai kemiri secukupnya. Setelah itu, haluskan hingga keluar minyaknya. Minyak tersebut bisa digunakan untuk diteteskan sambil dipijat merata ke seluruh permukaan kepala. Setelah didiamkan selama 1-2 jam, Anda bisa membasuhnya dengan air dingin.

2#  Menggunakan lidah buaya dan madu

Lidah buaya dan madu merupakan dua bahan alami yang biasa digunakan sebagai bahan pengobatan maupun perawatan. Kedua jenis bahan herbal ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Untuk mengambil manfaat dari lidah buaya dan madu, pertama-tama siapkan bagian gel putih lidah buaya. Selanjutnya, gel tersebut dicampur dengan madu alami secukupnya. Lalu, silakan gunakan campuran keduanya untuk dioles-oleskan ke rambut.

 Setelah didiamkan selama kurang lebih dua puluh menit, silakan bersihkan rambut dengan dibilas atau keramas. Selain menyehatkan, nutrisi dalam lidah buaya dan madu bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Jadi, jika mengalami masalah kebotakan, Anda bisa mengaplikasikan cara ini.

3#  Menggunakan santan

Cara perawatan rambut yang rusak juga bisa dilakukan dengan menggunakan santan. Santan itu sendiri bisa berbentuk santan jadi atau yang dibuat sendiri. Apabila membuat sendiri, Anda harus terlebih dahulu memarut kelapa yang telah dikupas dan dicuci bersih.

Selanjutnya, parutan kelapa diperas dan direbus hingga mendidih selama kurang lebih 4 menit. Setelah didiamkan hingga suhu santan kembali normal, silakan aplikasikan ke kulit kepala. Anda bisa membersihkannya dengan air bersih setelah didiamkan kurang lebih 20 menit.

4# Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun bisa menjadi bahan alami ampuh untuk mengatasi masalah pada rambut seperti kering dan kerontokan. Untuk menggunakannya, silakan siapkan 1 sdm minyak zaitun dan aplikasikan pada rambut.

Apabila ingin mendapat manfaat lebih, Anda bisa mencampurkan 1 buah tomat yang telah dihancurkan ke dalam 1 sdm minyak zaitun. Kemudian, hangatkan keduanya lalu oleskan ke bagian kepala. Setelah didiamkan kurang lebih ½ jam, Anda bisa membersihkan rambut dengan keramas.


5# Menghindari beberapa kebiasaan buruk bagi rambut

Beberapa kebiasaan baik agar rambut tidak rusak mencakup beberapa hal. Pertama, hindari mengikat rambut terlalu kuat dan terlalu sering. Ada saatnya untuk membiarkan rambut bernapas. Selain itu, jangan menyisir rambut dalam keadaan basah karena rambut yang basah memiliki peluang lebih tinggi untuk rontok dan patah.

Disamping itu, hindari pula untuk mencuci rambut dengan air panas. Kurangi pula menggunakan pengering rambut karena hal ini membuat rambut mudah kering dan patah. Demikian beberapa cara perawatan rambut yang rusak yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Tips dan cara manakah yang telah rutin Anda aplikasikan?

Posting Komentar untuk "5 Cara Merawat Rambut yang Rusak Paling Ampuh "