Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit Yang Perlu Anda Ketahui

10 Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit Yang Perlu Anda Ketahui – Cuka apel merupakan fermentasi sari buah apel yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat paling populer adalah untuk kecantikan dan menambah rasa asam pada makanan. Selain itu cuka apel juga dapat menjadi alternatif pengobatan tradisional.

Cuka apel ada dua macam yaitu cuka apel dari fermentasi sari apel dan cuka apel dari sari apel beralkohol (cider). Anda dapat memanfaatkan cuka apel baik diminum secara langsung, menuangkannya di atas makanan lain mauppun mengoleskannya ke kulit. Berikut disajikan manfaat cuka apel untuk kulit.

Manfaat Cuka Apel untuk Kulit


1# Mempertahankan Kekencangan dan Elastisitas Kulit

Kandungan betakaroten dalam cuka apel mampu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Dengan rutin mengonsumsi cuka apel tentunya kulit Anda akan semakin kencang dan elastis. Selain itu juga dapat membuat kulit Anda lebih lembab dan halus.

2# Mengurangi Iritasi Kulit

Untuk mengurangi iritasi kulit menggunakan cuka apel dapat diaplikasikan sebagai campuran air mandi. Caranya mudah, campurkan 2 cangkir cuka apel dalam air mandi kemudian berendamlah sekitar 15 menit. Dengan cara ini kulit dapat menyerap keasaman campuran air cuka apel sehingga dapat meredakan iritasi kulit.

3# Menyamarkan Bintik Penuaan

Kandungan belerang dalam cuka apel mampu merawat noda atau bintik penuaan pada kulit. Caranya cukup oleskan cuka apel pada bintik penuaan yang tampak sebelum tidur di malam hari. Dengan penggunaan cuka apel yang teratur, kulit pun bebas dari tanda-tanda penuaan.

4# Membersihkan Kulit

Untuk membersihkan kulit dengan cuka apel Anda dapat mencampurnya dengan secangkir air putih. Kemudian tuang campuran air tersebut ke kulit dan gosok dengan cepat sehingga campuran cuka apel dan air terserap oleh kulit. Setelah itu bersihkan dan bilas dengan air bersih. Dengan cara ini kulit akan bebas dari kotoran seperti debu dan bakteri lainnya.

5# Mengurangi Selulit

Cara mengurangi selulit dengan cuka apel cukup mudah, campurkan cuka apel dengan minyak pijat dengan perbandingan komposisi 1:3. 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan minyak pijat. Lalu gosok dengan lembut campuran ini ke area tubuh yang menampakkan selulit. Dengan menggunakan cuka apel secara teratur, selulit pun akan hilang secara bertahap.

6# Mengatasi Jerawat

Cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga dapat mengatasi jerawat. Caranya ambil sebotol cuka sari apel organik kemudian encerkan dengan air. Setelah itu oleskan pada kulit berjerawat dengan kapas. Baru setelah 5-10 menit bilaslah dengan air.

7# Mengatasi Kulit Kering atau Berminyak

Cuka sari apel dapat mengembalikan keseimbangan pH sehingga kulit tidak terlalu kering dan berminyak. Langkahnya begini, campurkan cuka dengan air, perbandingan komposisinya 1:2, 1 botol cuka dengan 2 botol air. Gunakan campuran ini sebagai toner untuk membersihkan wajah.

8# Mengurangi Sunburn

Sunburn atau terbakar matahari dapat diatasi dengan cuka apel. Caranya isilah botol semprot dengan cuka dan air kemudian semprotkan pada kulit yang terbakar matahari. Cara lainnya dapat mencelupkan kain lap dalam cuka kemudian diperas dan usapkan dengan lembut pada area yang terkena sunburn. Alternatif lainnya adalah dengan menuangkan 1-2 cangkir cuka apel ke dalam bak mandi. Kemudian berendamlah dengan campuran air tersebut selama 20-30 menit.

9# Menghilangkan Racun pada Kulit Wajah

Cuka apel juga mampu menarik racun dalam kulit. Caranya cukup mudah yakni dengan mencuci wajah dengan cuka apel sehingga akan memberikan kesan kulit segar dan bersinar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan cuka apel ini secara rutin demi mendapatkan wajah yang sehat terbebas dari racun.

10# Mengatasi Kulit Gatal

Untuk mengatasi kulit gatal dengan cuka apel cukup mudah. Caranya begini, campurkan air mandi dengan beberapa sendok cuka apel dan buatlah berendam. Untuk hasil yang lebih baik Anda dapat menggunakan air hangat.

10 Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit Yang Perlu Anda Ketahui


Dengan mengetahui banyaknya manfaat cuka apel untuk kulit diharapkan dapat mengatasi masalah kulit yang sedang Anda hadapi. Selain manfaat apel di atas, cuka apel juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan dan mengontol kadar kolesterol.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit Yang Perlu Anda Ketahui"