Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Pepaya Untuk Kulit Wajah Agar Tampak Cerah

10 Manfaat Pepaya Untuk Kulit Wajah Agar Tampak Cerah – Buah pepaya merupakan buah segar berwarna orange kemerahan yang banyak dikonsumsi orang. Selain untuk dikonsumsi, buah pepaya juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A, C, E dan K di dalam pepaya sangat dibutuhkan tubuh.

10 Manfaat Pepaya Untuk Kulit Wajah Agar Tampak Cerah


Buah pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Biasanya untuk perawatan wajah ini pepaya diracik sedemikian rupa menjadi masker. Tentunya masker pepaya ini jika digunakan secara rutin, kulit wajah akan nampak sehat dan bercahaya. Berikut dijelaskan beberapa manfaat pepaya untuk wajah.

Manfaat Pepaya untuk Wajah Yang Perlu Anda Ketahui


1# Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat pepaya untuk wajah yang pertama adalah untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat. Caranya begini, campurkan sekitar satu perempat pepaya dengan satu sendok makan madu dan setengah sendok teh perasan lemon. Kemudian oleskan campuran ini pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

2# Menghilangkan Sel-Sel Kulit Mati

Penumpukan sel-sel kulit mati pada wajah dapat membuat wajah terlihat kusam. Bahkan pori-pori yang tersumbat karena sel-sel kulit mati ini dapat memicu munculnya jerawat. Anda dapat menggunakan masker pepaya secara rutin setidaknya dua kali seminggu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati ini. Selain dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, masker pepaya juga dapat meremajakan kulit secara alami.

3# Memutihkan Kulit

Setiap wanita tentunya menginginkan kulit yang putih dan bersih. Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan masker pepaya. Kandungan vitamin E, C, dan antioksidan dalam pepaya dapat menangkal radikal bebas sehingga kulit semakin cerah dan tentu saja putih.

4# Melembabkan Kulit

Kulit putih saja tidak cukup, tentunya Anda juga mendambakan kulit yang lembab dan bebas dari kekeringan. Untuk membuat masker pepaya Anda bisa mencampurnya dengan mentimun dan pisang supaya hasilnya lebih maksimal.

Dengan campuran bahan-bahan ini, Anda dapat mengembalikan kelembaban kulit yang perlahan mulai berkurang karena usia, radikal bebas maupun stres. Setelah mengoleskan semua bahan-bahan tadi pada wajah, diamkan sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air bersih kemudian keringkan. Lakukan perawatan ini secara rutin setidaknya 2-3 kali seminggu.

5# Menyusutkan Pori-Pori

Pori-pori yang besar dapat menjadi sarang penumpukan kotoran sehingga muncul komedo bahkan jerawat. Untuk mencegah semua hal itu terjadi, Anda dapat menggunakan campuran pepaya dengan putih telur hingga menjadi pasta.

Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah sampai merata. Jika sudah, diamkan selama 20 menit lalu bilaslah dengan air bersih. Perawatan dengan masker pepaya dan putih telur secara rutin dapat membuat pori-pori menyusut.

6# Menghilangkan Tanda-tanda Penuaan Dini

Zat asam hidroksil dalam pepaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. Pepaya juga mengandung vitamin C dan E yang berperan penting untuk meremakan kulit sehingga menjadi lebih lembab dan awet muda.

Untuk mendapatkan itu semua, Anda dapat menghaluskan buah pepaya dengan blender dan tambahkan satu sendok madu. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan sekitar 1-2 kali seminggu.

7# Menghilangkan Noda Hitam

Buah pepaya mengandung enzim yang dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat maupun flek-flek hitam pada wajah. Kandungan enzim ini sangat baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Caranya, buatlah masker pepaya yang dicampur dengan satu sendok air lemon dan satu sendok makan madu. Kemudian oleskan pada wajah yang ada flek maupun noda hitam dan biarkan mengering. Setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih.  Lakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu.

8# Meremajakan Kulit

Untuk meremajakan kulit, Anda dapat menggunakan pepaya yang dicampur dengan yogurt dan tepung beras. Yogurt dapat memberikan efek mendinginkan kulit dan mencegah penuaan dini pada wajah.

Caranya siapkan 1/3 cangkir pepaya, tiga sendok teh tepung beras dan yogurt dan ¼ cangkir madu yang dihangatkan. Kemudian campur semua bahan tersebut hingga rata dan aduk sampai lembut. Setelah itu oleskan secara tipis ke wajah dan biarkan selama 20 menit lalu gunakan air hangat untuk membilasnya.

9# Mencerahkan Kulit Wajah

Memiliki wajah cerah mengindikasikan kulit sehat. Anda dapat memiliki wajah cerah dengan menggunakan masker pepaya. Caranya begini, campurkan seperempat pepaya dengan satu sendok teh jus nanas segar dan susu secukupnya. Kemudian aplikasikan secara merata dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

10# Menghilangkan Rambut di Wajah

Enzim yang terkadung dalam buah pepaya dapat melemahkan folikel rambut di wajah sehingga mencegah rambut kembali tumbuh. Ada baiknya menggunakan pepaya mentah karena mengandung enzim yang lebih tinggi daripada pepaya matang.

Caranya campurkan pepaya mentah dan setengah sendok teh bubuk kunyit kemudian aplikasikan pada area yang ingin dilhilangkan rambutnya. Biarkan mengering sendiri lalu kelupaslah campuran tersebut dari kulit kemudian cuci wajah dengan air hangat.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Pepaya Untuk Kulit Wajah Agar Tampak Cerah"