Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Rambut Yang Perlu Anda Ketahui

9 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Rambut yang Perlu Anda Ketahui – Madu merupakan cairan yang menyerupai sirup tetapi lebih kental. Rasa manis pada madu biasanya digunakan sebagai bahan campuran dalam makanan maupun minuman. Selain baik untuk dikonsumsi sehari-hari, madu juga baik bagi kesehatan tubuh.

9 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Rambut Yang Perlu Anda Ketahui


Selain untuk kesehatan tubuh, kandungan nutrisi dalam madu membuat bahan ini berkhasiat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Oleh sebab itu banyak sekali produk perawatan rambut yang mengandung madu. Berikut disajikan manfaat madu untuk kesehatan rambut dan kulit kepala yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Madu untuk Kesehatan Rambut


1# Mengatasi Rambut Rontok

Madu dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok yang menyebalkan. Caranya begini, campurlah 1 sendok makan madu, minyak zaitun yang dipanaskan dan 1 sendok teh kayu manis sampai merata. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepada sebelum mandi.  Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilaslah sambil keramas.

2# Mencegah Rambut Bercabang

Untuk mencegah rambut bercabang dengan madu, Anda dapat mencampur madu dengan telur kemudian aplikasikan pada ujung rambut. Dengan cara ini akan membantu mengembalikan kelembaban rambut. Selain itu kandungan nutrisi seperti protein yang terdapat dalam telur dan madu dapat menghindari kerusakan rambut atau bercabang.

3# Menguatkan Akar Rambut

Madu juga berkhasiat untuk memberikan nutrisi pada akar rambut agar selalu kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu madu juga efektif untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami. Kandungan nutrisi pada madu sangat diperlukan oleh rambut sehingga akar rambut dapat tumbuh kuat dan sehat.

4# Membuat Rambut Lebih Tebal

Bagi Anda yang mempunyai rambut tipis, dapat memanfaatkan madu untuk mendapatkan rambut lebih tebal. Langkahnya seperti ini, campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 1 sendok makan madu alami. Kemudian gosokkan campuran tersebut secara perlahan disertai pijatan lembut pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10-15 menit supaya campuran bahan tersebut diserap oleh kulit kepala. Baru setelah itu bilas sampai bersih.

5# Menjaga Kelembaban di Kulit Kepala

Manfaat rambut untuk kesehatan rambut selanjutnya adalah untuk menjaga dan melindungi kelembaban di area kulit kepala. Untuk memanfaatkan madu ini, Anda bisa menggunakannya sesudah keramas. Caranya oleskan madu secara merata ke seluruh bagian kulit kepala, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air dingin.

6# Mengatasi Ketombe

Kandungan antibakteri dan antiseptik pada madu dapat menjaga kulit kepala menjadi bersih dan bebas bakteri seperti ketombe. Caranya mudah, potong jeruk nipis menjadi dua lalu lumuri dengan madu. Kemudian gosokkan jeruk nipis dan madu tersebut pada kulit kepala secara merata sambil dipijat lembut. Diamkan selama 20 menit barulah keramas dengan shampo. Sebaiknya bilaslah hingga bersih dan tidak ada sisa shamponya karena sisa shampo ini juga menjadi penyebab munculnya ketombe.

7# Menjadikan Rambut Berkilau dan Bercahaya

Sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan rambut mudah rusak dan kehilangan kilaunya. Untuk mengembalikan kilau rambut dengan madu caranya campurkan 1 sendok makan madu, 1 jeruk nipis dan air hangat secukupnya. Taruhlah ketiga bahan tadi dalam sebuah wadah dan aduk hingga merata.

Sebelum menggunakan ramuan ini sebaiknya keramas dahulu dengan shampo seperti biasa. Dengan kondisi rambut masih basah setelah dibilas, segera siram campuran tadi pada rambut sampai rata sambil dipijat. Diamkan kondisioner alami dari madu ini hingga rambut kering, Anda tidak perlu membilasnya lagi.

8# Membuat Rambut Lebih Bersih

Sisa shampo yang tertinggal di rambut dapat membuat rambut tidak sehat seperti munculnya ketombe. Untuk mengatasinya sediakan air putih dan campurkan 1 sendok teh madu kemudian aduk hingga rata. Gunakan air madu ini sesudah keramas dengan shampo. Setelah air madu dioleskan pada rambut, keringkan rambut dengan handuk.

9# Meminimalkan Keriting

Bagi Anda yang menginginkan rambut lurus, bisa menggunakan madu untuk memerangi rambut keriting. Caranya cukup aplikasikan madu setelah keramas pada rambut dan kulit kepala secara merata. Pastikan pada saat menggunakan madu Anda tidak menambahkan terlalu banyak madu untuk mencegah rambut menjadi keras dan kaku.

9 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Rambut Yang Perlu Anda Ketahui


Dengan mengetahui banyaknya manfaat madu untuk kesehatan rambut tentunya dapat membuat Anda tertarik untuk memiliki rambut yang sehat serta berkilau. Penggunaan madu asli untuk perawatan rambut di atas tidak akan memberikan efek samping apapun. Oleh sebab itu, gunakan madu asli supaya perawatan rambut berhasil serta rambut sehat akan segera menjadi milik Anda. Selain itu, manfaat madu untuk kesehatan rambut bisa didapatkan asal penggunaannya rutin.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Rambut Yang Perlu Anda Ketahui"