Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Utama Daun Jarak untuk Kecantikan Dan Kesehatan

10 Manfaat Utama Daun Jarak untuk Kecantikan Dan Kesehatan – Tumbuhan jarak biasanya tumbuh di alam liar pada berbagai tempat dan musim, terkecuali perairan. Selain itu, tanaman ini juga dapat tumbuh dengan subur di tanah yang tidak terawat. Jadi, sangat mudah untuk menemukan tanaman jarak ini di sekitar.

Tanaman ini bagus untuk kesehatan terutama daunnya yang banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Oleh sebab itulah daun jarak sering digunakan sebagai alternatif pengobatan tradisional. Selain itu penggunaan daun jarak untuk kesehatan juga tanpa efek samping dibandingkan dengan obat kemasan yang dijual di pasaran.  Berikut disajikan manfaat daun jarak untuk kesehatan.

Manfaat Daun Jarak untuk Segala Kebutuhan


1# Mengatasi Susah Buang Air Besar

Jika Anda mempunyai masalah susah buang air besar, dapat diatasi dengan mudah menggunakan daun jarak. Caranya, siapkan beberapa helai daun jarak, bersihkan dengan air mengalir kemudian kukus hingga layu.  Setelah itu Anda bisa langsung mengonsumsi daun jarak ini langsung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah daun jarak ini secara teratur sampai masalah susah buang air besar menjadi lancar.

2# Mengobati Rematik

Manfaat daun jarak untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengobati rematik. Langkahnya mudah, siapkan beberapa helai daun jarak kemudian tumbuk hingga halus dan campurkan dengan air secukupnya.  Setelah itu oleskan pada area yang terasa sakit atau terasa rematik. Lakukan perawatan ini teratur dua kali sehari supaya rematik cepat hilang.

3# Mengobati Perut Kembung

Daun jarak memang sudah terkenal manfaatnya untuk mengobati perut kembung.  Caranya begini, haluskan daun jarak kemudian bubuhkan pada perut dan diamkan beberapa saat. Alternatif lainnya dapat dengan memanggang daun jarak hingga layu kemudian tempelkan di atas perut. Jika Anda sudah buang angin, maka perut kembung pun sudah berkurang. Sebaiknya jangan dilepas dulu daun jaraknya, tunggulah beberapa saat hingga perut kembung benar-benar sembuh.

4# Mengatasi Penyakit Kulit Kurap

Untuk mengatasi masalah kurap, Anda bisa menggunakan minyak jarak. Kandungan asam undesilenat pada minyak jarak sudah dipercaya untuk mengobati penyakit kurap. Caranya, rendam beberapa helai daun jarak yang telah dicuci bersih pada minyak kelapa selama beberapa jam kemudian panaskan. Setelah itu aplikasikan pada permukaan kulit yang terdapat kurap dan tutuplah dengan kain atau handuk selama semalam. Lakukan perawatan ini secara teratur supaya kurap cepat pergi.

5# Mengobati Gigi Yang Berlubang

Daun jarak juga dapat digunakan untuk mengatasi gigi yang berlubang. Hal ini karena daun jarak mengandung getah bersifat anti mikroba sehingga dapat menangani gigi berlubang atau gangguan kesehatan gigi lainnya. Langkahnya begini, siapkan getah dari daun jara kemudian tempelkan getah tersebut dengan kapas pada gigi yang berlubang atau sakit.

6# Mengatasi Sariawan di Bibir

Manfaat daun jarak untuk kesehatan selanjutnya adalah mengatasi sariawan secara alami. Manfaat ini juga bisa Anda dapatkan dari getah daun jarak. Caranya cukup dengan mematakan tangkai daun jarak kemudian ambil getahnya dari tangkai daun jarak tersebut. Setelah itu tempelkan pada bibir yang terkena sariawan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin hingga sariawan sembuh.

7# Mengobati Batuk dan Mengencerkan Dahak

Dalam mengobati batuk dan mengencerkan dahak ini dapat memanfaatkan akar daun jarak. Langkahnya begini, pertama bersihkan dahulu akar daun jarak kemudian rebus dengan air sebanyak 7 gelas sampai mendidih. Minumlah air rebusan ini secara rutin pada pagi dan sore hari sampai batuk hilang.

8# Menurunkan Panas Ketika Demam

Daun jarak juga dapat digunakan untuk menurunkan panas dalam atau demam. Caranya siapkan beberapa helai daun jarak kemudian bersihkan dengan air lalu oleskan daun jarak dengan minyak. Setelah itu panaskan daun jarak ini atas kompor lalu tempelkan pada bagian perut selama beberapa jam. Ramuan alami daun jarak ini juga bisa digunakan untuk anak atau bayi yang demam atau panas.

9# Mengencangkan Payudara

Bagi Anda yang ingin memiliki payudara lebih kencang dapat menggunakan daun jarak. Caranya siapkan 5 lembar daun jarak, 1 rimpang jahe, 2 buah pisang dan sedikit garam. Campurkan semua bahan tersebut dengan cara ditumbuk hingga halus. Kemudian tempelkan ramuan alami ini pada lingkaran sisi payudara sampai merata. Diamkan hingga kering lalu bersihkan dengan air hangat.

10# Mengobati Bekas Luka Pada Kulit

Manfaat daun jarak untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi bekas luka atau koreng belum kering. Caranya mudah, ambil beberapa lembar daun jarak kemudian tumbuklah sampai halus. Setelah itu tempelkan pada luka atau koreng. Dengan langkah mudah perlahan tapi pasti bekas luka akan hilang dengan sendirinya.

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan Lainnya


10 Manfaat Utama Daun Jarak untuk Kecantikan Dan Kesehatan


11. Menyembuhkan Kelumpuhan Otot Wajah
12. Mengatasi Kanker Serviks
13. Mengobati Hernia
14. Memperbesar Alat Vital Pria
15. Mengobati Radang Telinga
16. Menyembuhkan Gatal Kaki
17. Mengatasi Pembengkakan Akibat Gigitan Serangga
18. Merawat Rambut
19. Menajamkan Penglihatan Mata
20. Mengatasi Gatal-Gatal
21. Mengobati Cacar Air
22. Membersihkan Lidah Bayi
23. Mengatasi Keputihan
24. Meredakan Nyeri
25. Melancarkan Haid

Dengan banyaknya manfaat daun jarak untuk kesehatan diharapkan Anda dapat menggunakan daun jarak untuk menyembuhkan penyakit yang kini Anda hadapi. Penggunaan daun jarak secara rutin tentunya dapat mengatasi berbagai penyakit sehingga tubuh yang sehat akan menjadi milik Anda segera.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Utama Daun Jarak untuk Kecantikan Dan Kesehatan"