Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

7 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Madu sudah dikenal khasiatnya untuk kesehatan dan juga merawat kecantikan. Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga, menyerupai sirup tetapi rasa yang dihasilkan madu lebih manis. Rasa manis tersebut hadir karena terdapat substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa yang mana ketiganya juga sama memberikan rasa manis pada gula.

7 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Menurut beberapa penelitian, madu memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh, karena madu banyak mengandung zat penting seperti Glukosa, Fruktosa, Maltosa, Sukrosa, Air alami, serta gula alami yang lebih kuat di bandingkan dengan gula biasa. Kandung zat yang terdapat didalam madu ini memiliki kadar yang cukup banyak sehingga menjadikan madu ini sebagai minuman zat yang penting, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Lalu, apa saja Khasiat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan? Berikut penjelasannya.

Baca juga : 8 Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan:


1# Madu Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ berupa otot, berbentuk kerucut, berongga dan dengan basisnya di atas dan puncaknya di bawah. Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus berkontraksi secara bergantian. Memasuki usia 45 tahun bagi pria. Sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari kerentanan mereka dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung.

7 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Dan bagi wanita, memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi). Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung setelah mengalami menopause. Selain itu gaya hidup yang buruk dan stress dapat memicu serangan jantung. Kandungan polifenol di dalam madu memiliki peran penting untuk kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian yang dilakukan telah menunjukkan bahwa peningkatan asupan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu kandungan antioksidan pada madu juga baik untuk melindungi jantung. Hal ini dapat dikatakan bahwa mengkonsumsi madu dapat mengurangi risiko penyakit jantung.


2# Madu Bagus Untuk Mencegah Diabetes

Diabetes dapat memengaruhi banyak organ dalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan banyak komplikasi. Beberapa organ yang bisa terkena dampaknya adalah jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf. Diabetes melitus atau biasa disebut dengan kencing manis merupakan penyakit kronis. Kondisi ini ditandai dengan gangguan pengaturan gula darah dalam tubuh akibat berbagai hal seperti:

  • Kurangnya produksi insulin oleh pancreas.
  • Kurangnya respon tubuh terhadap insulin.
  • Adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin


Diabetes disebabkan kadar gula darah dalam tubuh yang jauh di atas normal. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan menjaga asupan gula di dalam makanan atau minuman, Untuk itu tidak disarankan untuk mengkonsumsi gula secara berlebihan. Anda dapat mengganti gula dengan madu sebagai alternatif asupan, karena madu adalah salah satu bahan makanan yang aman bagi penderita diabetes.

3# Madu Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Seseorang yang mempunyai tubuh yang gemuk cenderung merasa bahagia dengan keadaannya. Akan tetapi dalam segi medis kegemukan justru membawa dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Umumnya banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk, salah satu penyebabnya adalah mereka makan secara berlebihan.

Kelebihan asupan makanan akan menjadi lemak, semua lemak tambahan ini memberi beban pada jantung, ginjal, dan hati dan juga pada persendian yang menopang berat badan Anda seperti panggul, lutut, dan mata kaki. Ini berarti bahwa tubuh Anda akan lebih cepat rusak, hal ini terjadi karena organ-organ yang seharusnya bekerja secara normal kini harus bekerja secara ekstra dan bukan tidak mungkin kalori yang berlebihan itu dapat membawa kepada kematian.

7 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Berat badan yang diinginkan seseorang berbeda-beda, itu tergantung pada tinggi badan, kelamin, umur dan juga perawakan. Ukuran badan yang berbeda-beda untuk pria dan wanita. Orang yang mempunyai tulang yang besar dan otot yang besar biasanya agak lebih berat jika dibandingkan dengan mereka yang berperawakan kecil.

Tetapi sebenarnya orang yang lebih ringan mungkin saja membawa lebih banyak lemak. otot-ototnya mungkin lemah dan kurang berkembang. Oleh sebab itu Anda harus mengambil perkiraan dengan teliti juga membandingkan berat badan sendiri dengan ukuran untuk umur dan perawakan. Meski madu memiliki jumlah kalori yang lebih banyak daripada gula saat dikonsumi dengan air hangat, namun madu dapat membantu mencerna lemak yang tersimpan di dalam tubuh Anda. Anda juga dapat mengkombinasikan madu dengan air perasan lemon atau kayu manis yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan Anda.

4# Madu Untuk Mengatasi Flu dan Batuk

Flu disertai batuk merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh semua orang, terutama dalam kondisi cuaca yang tidak stabil. Flu adalah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus. Seseorang yang mengalami flu disertai batuk menyebabkan pernapasan tidak lancar, dan suara yang serak.

Flu dan batuk yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu. Meski begitu, flu dan batuk terkadang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Mengkonsumsi madu sangat baik untuk meringankan flu disertai batuk. Anda dapat menambahkan 1 sdm madu dengan air hangat.

Selain itu, Khasiat Madu Asli Untuk Kecantikan:


5# Mencerahkan Kulit

Mengkombinasikan madu dengan bahan-bahan lainnya seperti putih telur dan yogurt dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan bersinar. Penggunaan putih telur untuk masker wajah. Zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu mengatasi berbagai permasalahan pada wajah mulai dari komedo, jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, membuat kulit wajah lebih kencang dan awet muda, mengatasi kulit kering, berminyak hingga mencerahkan wajah. Anda dapat menyiapkan 1 sdm madu dan 1 butir telur.

Cara pemakaian:

  • Campurkan 1 sendok makan madu dengan putih telur dari 1 butir telur.
  • Oleskan masker tersebut ke seluruh wajah dengan merata 
  • Diamkan beberapa menit sampai mengering.
  • Setelah masker mengering, bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk


6# Mencegah Penuaan Dini

Penuaan? Mungkin kata-kata itu sering ditakuti oleh banyak wanita muda yang sangat memperhatikan penampilannya. Saat mendengar kata tua ini para wanita muda seringkali mengkaitkannya dengan kondisi fisik mereka yang sangat mereka perhatikan dan mereka jaga. Penuaan dini memang bisa terjadi oleh siapa saja, termasuk para remaja atau wanita karier.

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah dapat mengatasi keriput atau munculnya tanda-tanda penuaan dini. Madu adalah humektan alami, yang artinya ia dapat melembabkan lapisan atas kulit. Kelembaban ekstra yang di dapat dari madu akan membantu mengatasi keriput. Selain itu ia juga akan menenangkan area kulit yang kering dan sensitif. Kandungan antioksidan yang ada pada madu juga akan membantu menunda tanda penuaan muncul. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menggunakan madu sebagai masker.

Bahan yang digunakan:


  • 1 sdm madu
  • Papaya, susu, atau yogurt


Cara membuatnya, campurkan satu sendok makan madu dan jumlah yang sama untuk pepaya, susu atau yogurt. Campurkan kedua bahan sampai merata kemudian aplikasikan pada wajah Anda, diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda menggunakan handuk.

7# Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Anda bisa membuat kombinasi madu dan minyak zaitun untuk menguatkan rambut serta mencegah rambut rontok. Cukup hangatkan minyak zaitun sebentar, lalu tambahkan 2 sendok makan madu (Anda juga bisa menambahkan satu putih telur). Campur semua bahan sampai halus lalu terapkan pada rambut yang basah. Biarkan selama 15 menit, kemudian keramas seperti biasa. Campuran ini juga bisa mengatasi masalah rambut kering.

Dimana Tempat Membeli Madu Asli ?


Madu asli memang sangat cocok untuk kesehatan dan kecantikan, namun keberadaan madu asli semakin hari semakin langka. Dimana banyak dijual dipasaran merupakan madu tidak asli atau bercampur dengan bahan lainnya. Untuk itu afara ingin membantu anda menemukan madu asli yang terjamin khasiatnya. Yaitu madu asli Madu Asli Borneo Mellifera, yang bisa anda dapatkan dengan cara klik gambar dibawah.

7 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Klik disini untuk membeli madu asli


Demikian artikel ini dibuat, semoga memberikan manfaat untuk anda dalam mencari informasi seputar khasiat madu asli.

Posting Komentar untuk "7 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"