Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Masker Madu Asli Yang Sangat Ajaib Untuk Kecantikan

5 Manfaat Masker Madu Asli Yang Sangat Ajaib Untuk Kecantikan - Sejak berabad-abad lalu masyarakat sudah mengenal manfaat madu yang telah digunakan banyak wanita untuk perawatan kulit. Madu memiliki kandungan alami yang bermanfaat bagi kulit seperti antioksidan, antibakteri, vitamin B dan C. Selain dengan mudah mendapatkan kelebihannya di produk kecantikan kulit, Anda juga dapat menambahkannya pada rutinitas kecantikan alami.

5 Manfaat Masker Madu Asli Yang Sangat Ajaib Untuk Kecantikan


Dikutip dari Wikipedia Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.

Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Kandungan Madu Yang Perlu Anda Ketahui


Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.

5 Manfaat Masker Madu Asli Yang Sangat Ajaib Untuk Kecantikan


Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrsyin, pinobanksin, vitamin C, katalase dan pinocembrin. Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.

Analisis madu secara umum :

  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31,3%
  • Maltosa: 7.1%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Air: 17,2%
  • Gula paling tinggi: 1,5%
  • Abu (analisis kimia): 0,2%
  • Lain-lain: 3,2%
  • Karbohidrat - 82,4 gm
  • Serat pangan - 0,2 gm
  • Protein - 0,3 gm
  • Riboflavin ( vitamin B2 ) - 0,038 mg
  • Niacin ( vitamin B3) - 0,121 mg
  • Kalsium - 6 mg
  • Besi - 0,42 mg
  • Asam pantotenat ( vitamin B5 ) - 0.068 mg
  • Vitamin B6 - 0.024 mg
  • Folat ( Vitamin B9 ) - 2 ug
  • Vitamin C - 0,5 mg
  • Magnesium - 2 mg
  • Fosfor - 4 mg
  • Kalium - 52 mg
  • Sodium - 4 mg
  • Seng - 0,22 mg
  • Energi - 300 kkal ( 1.270 kJ )

Dengan kandungannya yang begitu banyak, madu juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, misalnya dapat dibuat masker kecantikan.

Madu mengandung antimikroba, antioksidan, dan dapat memberikan efek menenangkan untuk kulit Anda. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu dibutuhkan untuk kulit guna melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas bisa menyebabkan kulit kusam, penuaan dini yang ditandai dengan garis-garis halus dan bahkan kanker kulit.

Beberapa Manfaat Masker Madu Asli Yang Sangat Ajaib Untuk Kecantikan


1# Mengganti sel kulit yang kering

Manfaat masker madu murni yang berikutnya adalah mengganti sel kulit yang kering sehingga bisa mengubah kulit wajah anda yang tadinya kering menjadi lembab secara berangsur-angsur. Jika Anda merasa terganggu dengan kulit wajah anda yang super kering, anda dapat mencoba membuat masker madu dan menggunakannya untuk melembabkan wajah Anda.

2# Menghilangkan flek hitam di wajah

Siapa sangka ternyata manfaat masker madu murni tidak hanya sebatas memutihkan dan melembabkan, namun juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Cobalah luangkan waktu sejenak untuk menyenangkan tubuh Anda sendiri dengan cara memakai masker madu murni. Untuk merasakan manfaatnya dalam melawan flek hitam, anda tentu harus menggunakan masker madu secara rutin.

3# Menghaluskan Kulit

Madu mempunyai kandungan yang sangat baik bagi kulit. Selain halus, kulit Anda juga lembab. Madu sudah lama dikenal masyarakat untuk digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit, karena madu mengandung berbagai mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk merawat kulit wajah. Anda dapat menggunakan masker madu murni untuk menghaluskan kulit Anda tanpa mencampurinya dengan bahan-bahan yang lainnya.

4# Mengurangi Garis Kerutan Pada Wajah

Untuk menjaga kulit tetap kencang dan menghindari kerutan banyak cara yang dilakukan wanita untuk menghindari adanya keriput di wajah. Banyak pula alat-alat yang sudah berkembang untuk ikut serta dalam menjaga wajah tetap awet muda. Akan tetapi lebih baiknya Anda mencoba membuat masker madu murni alami yang dapat Anda buat sendiri dirumah, karena madu adalah bahan alami yang tidak akan merusak kulit dan cocok untuk dibuat masker dengan berbagai macam jenis kulit.

5# Mengatasi Jerawat dan Komedo

Komedo dan Jerawat merupakan permasalahan kulit wajah yang hampir selalu dialami oleh manusia, karena komedo dan jerawat dapat selalu muncul meskipun Anda telah berupaya untuk membersihkannya beberapa hari yang lalu. Komedo dan Jerawat bisa muncul dengan mudah, terutama bila Anda malas merawat kebersihan kulit wajah. Memanfaatkan masker madu murni cocok untuk mencegah dan mengatasi komedo dan jerawat.

Cara Membuat Masker Madu Asli Untuk Kecantikan


  • Cucilah wajah Anda dengan menggunakan air hangat agar pori-pori wajah anda dapat terbuka. Sehingga nutrisi madu dapat terserap sempurna.
  • Aplikasikan madu murni pada seluruh wajah dan leher Anda secara merata .
  • Diamkanlah selama kurang lebih sekitar 15 menit. Bilaslah wajah Anda dengan menggunakan air hangat kemudian lap dengan handuk bersih.
Madu telah banyak diproduksi dan ditemui dalam kemasan yang praktis dan telah dijual luas dipasaran sehingga kita tidak perlu repot mencari apabila ingin menggunakan atau mengkonsumsinya. Namun Anda harus berhati – hati karena tidak jarang juga terdapat kemasan madu yang tidak asli atau telah dicampur dengan bahan lain. Beberapa cara membedakan madu murni yang asli dengan yang palsu adalah seperti ini:

  • Madu asli tidak akan membeku bila dimasukkan ke dalam freezer.
  • Madu asli akan sulit tercampur dengan air, jadi apabila madu dicampurkan ke dalam air akan 

membentuk endapan di dasar gelas. Madu yang mudah larut dalam air kemungkinan telah dicampur dengan bahan lain.


  • Madu asli hanya memiliki kandungan kadar air sebanyak 20%.
  • Tes madu dengan dipanaskan menggunakan satu sendok makan madu dan api lilin, taruh sendok yang berisi madu di atas api lilin. Jika madu mengeluarkan busa yang cukup banyak hingga akan tumpah, maka bisa dipastikan madu itu asli.
  • Madu asli tidak akan didekati semut karena mengandung suatu enzim yang tidak disukai oleh semut.

Perawatan dengan menggunakan bahan alami hasilnya memang tidak akan secepat perawatan yang menggunakan bahan kimia. Namun bagaimanapun perawatan alami lebih minim risiko dari dari penggunaan kosmetik yang bisa jadi terkandung bahan-bahan kimia yang berbahaya serta lebih hemat dalam segi anggaran biaya.


Bagaimana Cara Mendapatkan Madu Asli ?


Begitu besarnya manfaat madu asli, terutama untuk dijadikan masker wajah. Dimana wajah anda akan lebih bersinar secara alami tanpa bahan kimia tentunya. Namun yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara mendapatkan madu yang benar-benar asli?, Nah jawabannya cukup sahabat afara klik gambar dibawah ini ya.


Klik Disini Untuk Pembelian Madu Asli


Perlu anda ketahui bahwa, tidak semua madu dijual di pasaran merupakan madu asli. Dimana memang madu asli kini semakin sulit ditemukan. Lantaran terlalu banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mencampur madu asli dengan bahan lain. Untuk itu, afara menyediakan madu asli yang sangat cocok untuk dikonsumsi maupun dijadikan bahan masker madu alami. Untuk pembelian, anda bisa klik gambar diatas ya.

Demikian artikel ini dibuat, semoga memberikan manfaat yang sangat banyak untuk anda semua. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Masker Madu Asli Yang Sangat Ajaib Untuk Kecantikan"