Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

8 Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan  - Madu umumnya sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat alami tradisional dalam mengatasi berbagai macam jenis penyakit selain itu madu bermanfaat bagi kesehatan, madu juga sangat bermanfaat untuk memelihara kecantikan.

8 Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Madu adalah jenis minuman alami yang berasal dari nektar bunga yang di hisap oleh serangga, ciri khas madu ialah memiliki tekstur cairan yang kental. Adapun jenis-jenis madu yaitu seperti madu yang memiliki rasa manis, sedikit asam, bahkan ada juga yang sedikit pahit. Dari segi warna, madu ada yang memiliki warna coklat pekat hingga hitam, cokelat kekuningan, dan terdapat pula yang berwarna putih.

Menurut beberapa penelitian, madu memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh, karena madu banyak mengandung zat penting seperti Glukosa, Fruktosa, Maltosa, Sukrosa, Air alami, serta gula alami yang lebih kuat di bandingkan dengan gula biasa. Kandung zat yang terdapat didalam madu ini memiliki kadar yang cukup banyak sehingga menjadikan madu ini sebagai minuman zat yang penting, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Jika biasanya Anda mengkonsumsi atau menggunakan madu yang berwarna cokelat, pada pembahasan ini Anda akan mengenal jenis madu lainnya, yaitu Madu Hitam.
Madu hitam adalah madu yang berasal dari jenis lebah penghisap berbagai nektar tanaman atau pepohonan yang pahit. Dan umumnya jenis tanaman yang pahit adalah palawan, bunga singkong, karet, paitan, kaliandra dan mahoni. Madu hitam tidak memiliki rasa seperti yang berwarna cokelat kekuningan yang manis, Madu hitam mempunyai tekstur rasa yang pahit.

Baca Juga : Manfaat Masker Madu Asli Yang Sangat Ajaib Untuk Wajah

Madu hitam biasa ditemukan di daerah Kalimantan. Sebab di pulau Kalimantan ini banyak pohon mahoni yang digemari oleh lebah Apis Mellifera. Selain itu juga di daerah Sumbawa. Daerah ini banyak ditanamai pohon pelawan yang merupakan salah satu jenis tanaman yang digemari oleh lebah penghisap nektar pahit.

Madu hitam menyimpan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, zat yang terkandung pada Madu hitam memiliki nilai komposisi yang cukup tinggi sehingga menjadikan madu ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Sekarang ini banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan madu hitam untuk perawatan kecantikan. Untuk mendapatkan jenis madu hitam ini Anda dapat menemukannya dalam bentuk kemasan yang telah diolah maupun yang masih asli untuk kesehatan tubuh. Dan untuk keperluan perawatan kecantikan Anda juga dapat membelinya secara praktis. Disarankan jika untuk kecantikan anda sudah mengetahui takaran dari madu hitam ini.

Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan diantaranya yaitu:


1# Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Bila daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat. Sebaliknya, bila daya tahan tubuh menurun, kuman mudah masuk, sehingga mudah untuk terserang penyakit. Tanpa disadari, gaya hidup Anda dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

Seperti kondisi tubuh yang tidak fit serta menurunnya produktifitas kerja. Oleh karenanya untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mengkonsumsi madu hitam. Madu hitam dengan kadar yang cukup signifikan mampu memaksimalkan sistem tubuh Anda agar tetap fit.

2# Memperkuat Fungsi Liver

Hati atau liver adalah salah satu organ yang paling vital dalam tubuh, yang banyak melakukan fungsi, diantaranya adalah yang mengontrol sintesis berbagai nutrisi dalam tubuh. Organ ini adalah organ yang sangat kuat, karena kemampuannya yang multitasking untuk 500 fungsi yang berbeda.

Madu hitam mempunyai rasa yang pahit dan mengandung mineral dan vitamin yang cukup tinggi. Sehingga dengan ini madu bisa membantu kerja organ dalam tubuh misalnya kerja fungsi hati. Dimana organ hati ini berfungsi untuk menyaring zat racun ke dalam tubuh.

3# Mengatasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang mempengaruhi satu atau beberapa organ dari sistem pencernaan secara bersamaan. Sistem pencernaan bertugas menerima makanan, mencerna atau memecahnya menjadi nutrisi yang bisa diserap untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh tubuh melalui darah.

Selain itu, sistem pencernaan juga bertugas memisahkan dan membuang bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna seperti serat. Madu hitam dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan. Hal ini juga sesuai dengan sifat madu yaitu mudah mencerna dan menyerap makanan. Madu hitam telah terbukti mampu menyembuhkan luka pada dinding lambung. Anda dapat mengkonsumsi madu ini sehabis makan.

4# Menjaga Kerja Jantung

Jantung merupakan pusat dari peredaran darah yang menghubungkan pembuluh yang satu  dengan pembuluh yang lain dan  selalu berkaitan dengan seluruh jaringan yang ada didalam tubuh. Setelah melakukan penelitian madu hitam mengandung polifenol tinggi. Fungsi polifenol adalah sebagai zat antioksidan terhadap sel-sel tubuh yang telah rusak karena radikal bebas.

Umumnya penyakit jantung yang diderita seseorang disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen yang masuk ke otak. Oleh karenanya untuk mengatasinya ini maka sebaiknya mengkonsumsi madu hitam. Sebab hal ini sudah dibuktikan oleh para ilmuwan dan juga sudah diuji oleh banyak orang di dunia.

Manfaat Madu Hitam Untuk Kecantikan diantaranya yaitu:


5# Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Kulit kusam dan kering sering kali mengganggu aktifitas kita dalam sehari-hari karena dampak yang di timbulkan salah satunya membuat kita menjadi kurang percaya diri. Untuk itu, cobalah melakukan perawatan wajah alami dengan memanfaatkan madu hitam ini sebagai masker.

Adapun cara yang bisa anda lakukan, yaitu dengan mengkombinasikan madu hitam ini dengan tepung almon. Pertama, siapkan 3 sendok makan madu hitam, kemudian campurkan dengan tepung almond. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah Anda hingga merata, beri sedikit pijatan dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

6# Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit

Flek hitam di sebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebihan serta strees yang berlebihan. Dengan memanfaatkan madu hitam sebagai masker wajah ini, flek hitam pada kulit wajah dapat teratasi sehingga kulit akan bersih dan sehat kembali.

Cara yang bisa Anda lakukan sangat mudah, cukup dengan mengaplikasikan masker hitam ini pada kulit wajah hingga rata, dan biarkan sampai kering. Setelah itu, bilas dengan air dingin sampai bersih. Sebelum menggunakan masker ini, terlebih dahulu bersihkan kulit wajah Anda menggunakan air hangat dan lakukanlah cara ini dengan rutin dan teratur minimal 3 kali dalam satu minggu.

7# Mengencangkan Kulit Wajah

Tidak kencangnya kulit wajah disebabkan oleh kemampuan regenerasi kulit yang semakin menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini kemudian menyebabkan munculnya garis-garis halus pada wajah seperti di sekitar hidung, mulut, pipi, dan area mata dan juga kekenduran kulit wajah. Memang secara kasat mata akan membuat wajah menjadi nampak tua.

Dengan memanfaatkan madu hitam sebagai masker wajah alami ini dapat membantu mengencangkan kulit wajah kembali secara alami. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakannya yaitu. Pertama, basuhlah terlebih dahulu wajah anda dengan air hangat sehinnga pori-pori terbuka dan dapat dengan mudah menyerap nutrisi dari kandungan madu hitam.

Setelah itu, aplikasikan madu hitam ini hingga merata, beri sedikit pijatan kecil dan biarkan sampai kering. Setelah itu, bilas wajah anda dengan air dingin sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur pagi dan malam sebelum tidur.

Baca Juga : 5 Manfaat Masker Madu Dengan Kombinasi Bahan Makanan

8# Mengatasi Jerawat dan Komedo

Komedo dan Jerawat merupakan permasalahan kulit wajah yang hampir selalu dialami oleh manusia, karena komedo dan jerawat dapat selalu muncul meskipun Anda telah berupaya untuk membersihkannya beberapa hari yang lalu. Komedo dan Jerawat bisa muncul dengan mudah, terutama bila Anda malas merawat kebersihan kulit wajah. memanfaatkan madu hitam untuk mencegah dan mengatasi komedo dan jerawat.

Caranya sangat mudah sekali, cukup dengan mengaplikasikan madu hitam ini pada kulit wajah atau kulit yang terdapat jerawat, dan biarkan sampai kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin sampai bersih. Selain di manfaatkan sebagai masker wajah, anda juga bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk memperlancar proses penyembuhan.

Itulah pembahasan mengenai Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan "