Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Cara Terbaik Untuk Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

20 Cara Terbaik Untuk Membersihkan Karang Gigi Secara Alami - Kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan hal lain. Mulut dan gigi yang tidak sehat bukan hanya akan merusak penampilan. Misalnya saja dengan warna gigi yang memudar dan menjadi kekuningan. Selain itu juga, tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut bisa mendatangkan banyak bahaya lainnya.


20 Cara Terbaik Untuk Membersihkan Karang Gigi Secara Alami


Katakan saja seperti bau mulut, gigi berlubang, hingga karang gigi. Hal-hal tersebut bukan hanya akan merusak penampilan saja, namun akan menjadi masalah kesehatan tersendiri bila dibiarkan lebih lama. Karang gigi sebenarnya menjadi salah satu masalah yang menyebabkab gigi berlubang dan juga bau mulut. Untuk itu, sebaiknya Anda menjaga kesehatan mulut untuk menghindari munculnya karang gigi.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai karang gigi, ketahui dulu apa itu karang gigi. Karang gigi merupakan plak berwarna kekuningan, bahkan bisa menjadi hijau dan menghitam pada permukaan gigi. Plak ini muncul karean timbunan sisa makanan pada permukaan gigi yang lantas menjadi asam karena bakteri. Bila dibiarkan dalam waktu lama, plak kekuningan ini akan semakin mengeras hingga akhirnya menjadi karang gigi.

Ada banyak sekali penyebab dari munculnya karang gigi ini. Mulai dari karena penumpukan sisa makanan seperti gula dan juga protein. Selain itu juga kebiasaan mengonsumsi makanan yang bisa menimbulkan plak pada gigi. Seperti misalnya kebiasaan mengonsumsi teh dan juga kopi yang menyebabkan munculnya plak.

Karang gigi bukan hanya akan mengganggu penampilan. Menjadikan gigi terlihat jelek dengan adanya kotoran berwarna kekuningan bahkan menjadi hitam. Karang gigi bisa menjadi bahaya lain seperti munculnya iritasi hingga radang pada gusi. Hal ini saja nantinya bisa menjadi masalah, yaitu periondontitis. Selain itu juga, karang membuat gigi mudah berlubang. Bakteri pada karang gigi akhirnya akan "mengonsumsi" permukaan gigi hingga akhirnya menjadi lubang. Serta sifat asam yang muncul dari reaksi bakteri dan juga sisa makanan pada karang gigi menyebabkan bau mulut.

Beberapa Cara Ampuh Untuk Membersihkan Karang Gigi


20 Cara Terbaik Untuk Membersihkan Karang Gigi Secara Alami


Banyaknya bahaya yang disebabkan oleh karang gigi ini membuat Anda sebaiknya melakukan banyak cara untuk membersihkan karang gigi. Di bawah ini, merupakan 20 cara membersihkan karang gigi yang bisa dilakukan.

1# Menggosok gigi dengan cara yang benar

Anda mungkin sering sekali menggosok gigi. Namun ini bukan berarti karang gigi tak akan muncul. Juga tak berarti bisa begitu saja membersihkan karang gigi. Untuk bisa menghindari dan juga membersihkan karang gigi, Anda harus menggosok gigi dengan cara yang benar.

Selain cara menggosok gigi yang tepat, ada beberapa hal lain juga yang harus diperhatikan. Seperti pastikan menggosok gigi 2 kali sehari. Selain itu juga gunakan sikat gigi dengan bulu lembut serta ganti sikat gigi setelah 3 bulan digunakan.

2# Membersihkan lidah

Menggosok gigi saja tidak cukup. Anda juga harus membersihkan lidah untuk menghindari munculnya plak serta karang gigi. Sisa makanan pada rongga mulut dan juga lidah bisa bertemu dengan bakteri. Sehingga akhirnya akan muncul plak pada gigi. Untuk itu pada saat menggosok gigi, pastikan Anda juga membersihkan lidah dengan bagian belakang sikat gigi atau pun alat khusus.

3# Menggunakan pasta gigi dengan kandungan floride

Pasta gigi dengan kandungan floride memang sudah tidak aneh lagi. Bahkan saat ini, nyaris semua merk pasta gigi menggunakan bahan floride di dalamnya. Kandungan pada pasta gigi ini memiliki beberapa manfaat baik untuk gigi. Seperti misalnya membersihkan rongga mulut dan memberikan rasa segar.

Selain itu senyawa floride juga menghilangkan sisa makanan pada permukaan serta sela gigi. Membuat tak ada kesempatan untuk munculnya plak. Di sisi lain pula, floride membantu untuk menghilangkan plak serta karang gigi. Tentunya harus dibarengi dengan kebiasaan menggosok gigi dengan cara yang tepat ya.

4# Bersihkan dengan dental floss

Dental floss merupakan produk untuk membersihkan gigi dengan bentuk seperti benang. Produk ini didesain secara khusus sehingga tidak akan merusak permukaan gigi serta melukai gusi. Jadi jangan berpikir untuk menggantinya dengan benang biasa ya!

Dental floss bisa digunakan untuk membersihkan sisa makanan serta plak yang mulai muncul di permukaan gigi. Sehingga gigi akan terlihat lebih bersih.

5# Menggunakan Siwak

Siwak merupakan bahan seperti ranting dari pohon Arak yang gunanya persis seperti pasta gigi. Di jaman dulu, siwak memang digunakan untuk membersihkan mulut dan juga gigi, sama seperti fungsi sikat gigi dan pasta gigi seperti saat ini. Di dalam siwak, ada kandungan  flouride, pottasium, vitamin C, tannin, klorida, sulfur dan sebagainya.

Kandungan di dalam siwak ini bukan hanya akan ampuh untuk membersihkan mulut dan juga gigi. Namun juga untuk membesihkan plak serta karang gigi yang terlanjur terbentuk di permukaan gigi.

6# Mengkonsumsi Jambu biji

Buah jambu biji rupanya sangat berguna untuk menghilangkan plak gigi. Beberapa jurnal penelitian menyebut bahwa di dalam jambu biji ada kandungan nutrisi dan senyawa khusus untuk mengatasi penyakit periodental. Selain itu juga, jambu biji bisa mengatasi munculnya bakteri Streptococcus yang menyebabkan karang gigi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, karang gigi muncul karena bakteri di dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

7# Baking soda

Sudah ada banyak penelitian yang menyebut bahwa baking soda sangat baik untuk gigi. Bukan hanya untuk mencerahkan warna gigi yang mulai menguning. Namun juga menghiangkan plak serta karang gigi. Baking soda disebut dengan sodium bicarbonate yang bisa menghilangkan kotoran serta penyebabnya.

Untuk menggunakan baking soda sebagai penghilang karang gigi, caranya mudah. Anda cukup mencampurkan baking soda dengan garam. Kemudian menempelkannya pada sikat gigi. Setelah itu Anda tinggal menggosok gigi seperti biasa dengan menggunakan campuran baking soda ini.

8# Cengkeh

Tak menyangka bukan bahwa rempah satu ini memiliki manfaat untuk menghilangkan plak dan juga karang gigi? Cengkeh memiliki kandungan sebagai anti plak dan juga anti gingvitis yang bisa bekerja untuk membersihkan gigi dan juga mulut.

Cara penggunaan cengkeh ini pun mudah. Andan cukup menghaluskan cengkeh dan kemudian mencampurnya dengan minyak zaitun. Berikutnya tinggal gunakan saja campuran tersebut untuk menggosok gigi seperti biasa.

9# Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya memberikan rasa dingin dan juga menyegarkan. Namun juga ada kandungan anti bakteri pada lendir lidah buaya. Inilah mengapa, lendir lidah buaya sebaiknya digunakan untuk menghilangkan bakteri pada mulut dan juga gigi.

Untuk menggunakan lidah buaya, caranya mudah. Lendir lidah buaya digunakan pada gigi yang mulai terdapat plak atau pun karang. Kemudian biarkan selama beberapa saat sebelum berkumur untuk membilasnya.

10# White Vinegar atau cuka putih

Bahan ini sudah sering disebut-sebut memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya untuk membersihkan mulut serta gigi. Cuka putih dipercaya ampuh untuk membersihkan karang serta plak yang ada pada permukaan gigi. Selain itu juga, bila digunakan secara teratur cuka putih akan melindungi enamel gigi.

Anda bisa mencampur satu atau dua sendok cuka putih dengan satu gelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur secara teratur. Dengan cara ini, karang gigi akan perlahan-lahan menghilang.

11# Kulit jeruk

Musuh yang harus dilawan untuk pembentukan karang gigi bukan hanya sisa makanan. Namun juga bakteri. Untuk itu, Anda sebaiknya membersihkan mulut secara rutin untuk menghindari munculnya bakteri ini. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk memiliki banyak kandungan vitamin C yang bekerja sebagai anti bakteri.

Kulit jeruk memang memiliki rasa yang kurang menyenangkan ketika digunakan. Untuk itu Anda sebaiknya menggunakan kulit jeruk pada gigi sebelum tidur. Setelah itu tinggal dibilas keesokan harinya.

12# Buah jeruk

Selain menggunakan kulitnya untuk membersihkan plak secara cepat. Anda juga bisa menggonsumsi buah jeruk. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya. Untuk itu konsumsi buah jeruk secara teratur ini juga bisa membantu Anda menghilangkan plak yang muncul.

Kandungan buah jeruk ini sangat banyak untuk kesehatan. Salah satunya untuk gigi dan juga mulut. Mengonsumsinya juga mudah. Anda hanya cukup makan buah jeruk saja secara teratur. Mudah sekali bukan untuk menggunakan buah jeruk ini?

13# Biji wijen

Ingin cara yang cepat untuk membersihkan karang gigi? Gunakan biji wijen. Biji wijen memiliki fungsi untuk menghilangkan bakteri yang ada pada mulut. Bakteri streptococcus mutans merupakan salah satu yang menyebabkan munculnya plak dan juga karang pada permukaan gigi. Untuk itu kandungan di dalam biji wijen seharusnya bisa membersihkan plak tersebut.

Cara menggunakan biji wijen sebenarnya mudah saja. Anda cukup mengunyak biji wijen pada bagian gigi yang berlubang dan juga ada karang. Setelah dikunyah, ratakan biji wijen tersebut dengan menggunakan sikat gigi dan diamkan selama beberapa saat. Bila dilakukan secara teratur, maka karang gigi akan hilang dengan sendirinya. Cara ini menjadi salah satu langkah tradisional untuk membersihkan karang gigi.

14# Keju

Anda mungkin sudah sangat sering mendengar mengenai keju sangat baik untuk tulang dan juga gigi. Salah satunya karena kandungan vitamin D di dalam keju. Selain itu juga, keju memiliki fungsi sangat besar untuk memperkuat enamel gigi dan juga menetralisir asam pada mulut. Sehingga tak ada bakteri yang bisa muncul untuk membentuk plak pada gigi.

Anda bisa mencoba untuk mengunyah keju asli setiap hari. Ya, untuk hasil maksimal pada saat membersihkan plak gigi dengan keju sebaiknya gunakan keju asli dari fermentasi susu. Bukan keju olahan yang sudah dicampur dengan gula serta garam. Sehingga hasil yang Anda dapatkan juga akan semakin maksimal.

15# Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan anti bakteri yang nantinya akan sangat baik untuk mencegah munculnya bakteri pada mulut dan gigi. Selain itu juga teh hijau memiliki manfaat lain untuk membersihkan karang gigi sekaligus mencegah terjadinya peradangan pada gigi. Kandungan di dalam teh hijau ini juga menjadi salah satu cara tradisional untuk menghilangkan karang serta plak yang terbentuk pada gigi.

Anda bisa menggunakan teh hijau ini dengan cara yang mudah. Cukup seduh teh hijau kemudian gunakan untuk berkumur secara teratur. Dengan cara ini maka plak gigi akan hilang dari waktu ke waktu. Teh hijau juga semakin banyak digunakan di produk pasta gigi untuk alasan tersebut.

16# Cabai

Di dalam cabai terdapat banyak sekali kandungan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Untuk itu, meskipun tak banyak yang tahu namun cabai bisa berguna untuk menghilangkan terbentuknya karang dan juga plak pada gigi.

Anda tak perlu mengunyah cabai secara langsung bila tak tahan dengan rasa pedasnya. Mengonsumsi makanan pedas saja dipercaya bisa membantu membersihkan karang gigi secara alami. Selain itu juga, kandungan asam di dalam cabai berguna untuk membunuh bakteri yang muncul serta menyembuhkan radang pada gusi.

17# Seledri

Seledri rupanya juga memiliki kandungan untuk menghilangkan plak di gigi. Berbeda dnegan saturan lain, seledri sebaiknya dikonsumsi secara langsung. Ini berarti Anda secara langsung mengunyah seledri yang ada. Cara ini dipercaya bukan hanya baik untuk membersihkan plak gigi saja. Namun juga untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Di dalam seledri terdapat kandungan asam yang bisa menetralkan keadaan di dalam mulut. Caranya juga mudah. Anda cukup mengunyah batang buah seledri secara rutin saja.

18# Daun sirih

Pernah melihat kebiasaan orang jaman dulu mengunyah sirih bukan? Mengunyah sirih rupanya memiilki banyak sekali manfaat. Salah satunya untuk membersihkan plak pada gigi. Selain itu juga sirih bisa mencegah munculnya bau mulut.

Anda cukup hanya mengunyah daun sirih segar selama beberapa waktu. Pada saat mengunyah daun sirih ini Anda juga bisa menambahkan dengan biji cengkeh untuk hasil yang lebih maksimal.

19# Apel

Apel memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang baik untuk mulut dan juga gigi. Mengunyah buah apel dipercaya bisa membuat gigi menjadi lebih kuat. Selain itu juga ada kandungan vitamin C di dalam buah apel yang akan membantu menghilangkan bakteri yang muncul di dalam mulut. Sehingga menghindarkan dari terbentuknya plak serta karang pada gigi.

Buah apel bukan hanya mampu untuk menjaga munculnya karang saja. Namun juga membersihkan karang gigi secara alami. Untuk itu, Anda cukup hanya mengunyah apel secaras rutin saja. Mudah sekali bukan?

Manfaat dari buah apel ini menyebabkan Anda bisa dengan mudah menemukan kandungannya di dalam produk pasta gigi. Pasalnya buah apel juga bisa menghilangkan plak yang mulai terbentuk pada permukaan gigi ini.

20# Melon

Untuk mencegah munculnya plak di dalam gigi memang bisa dengan menggunakan buah yang mengandung banyak vitamin C. Salah satunay dengan buah melon. Melon merupakan buah yang sangat kaya dengan kandungan vitamin C sehingga akan mencegah munculnya bakteri di dalam mulut. Seperti diketahui bakteri pada gigi inilah yang nantinya akan berperan besar sebagai pembentuk karang gigi.

Untuk itu, kebiasaan mengonsumsi buah melon ini juga sangat dianjurkan untuk menghilangkan karang serta plak pada gigi.

Selain 20 hal di atas, Anda juga bisa membersihkan karang gigi dengan beberapa cara lain. Salah satunya dengan pergi ke dokter gigi. Dokter gigi memiliki cara tersendiri untuk membersihkan plak dan juga karang pada gigi. Sehingga gigi pun akan mudah dan sangat cepat menjadi kembali bersih.

Namun tentunya Anda juga bisa menggunakan 20 cara alami yang juga aman di atas untuk membersihkan karang pada gigi. Meskipun perlu diingat, cara membersihkan karang gigi secara alami di atas akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Posting Komentar untuk "20 Cara Terbaik Untuk Membersihkan Karang Gigi Secara Alami"