Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami

10 Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami – Bagian wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang mendapatkan perawatan ekstra. Hal ini karena wajah adalah hal yang pertama kali diperhatikan oleh orang lain. Tetapi tak sedikit masalah yang terdapat di wajah yang kadang membuat tidak percaya diri. Mulai dari munculnya jerawat, komedo hingga flek hitam.

10 Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami


Flek hitam pada wajah muncul karena penggunaan obat-obatan yang menimbulkan efek samping, hormon yang meningkat hingga kesalahan dalam penggunaan kosmetik. Selain itu juga bisa karena paparan sinar matahari yang berbahaya bagi kulit sehingga menimbulkan flek-flek hitam yang mengganggu. Bahkan jika terlalu parah dapat menimbulkan kanker kulit. Oleh sebab itulah, berikut disajikan cara mengatasi flek hitam di wajah secara alami yang perlu Anda ketahui.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah


1# Madu

Madu sudah terkenal khasiatnya untuk mengencangkan serta menghaluskan kulit. Selain itu juga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya yakni dengan menggunakan madu sebagai masker atau bisa juga dengan langsung mengoleskannya pada area yang terdapat bagian hitamnya.  Biarkan mengering beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Dengan penggunaan madu teratur maka flek-flek di wajah pun akan berangsur hilang.

2# Air Perasan Lemon

Air perasan lemon mengandung asam pemutih alami yang dapat membantu meringankan atau menyamarkan bintik-bintik gelap pada wajah Anda. Untuk dapat manfaat dari perasan air lemon ini, Anda bisa langsung menerapkannya dengan bola kapas pada area yang berflek hitam. Kemudian biarkan selama setengah jam baru bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3# Kayu Cendana

Antiseptik dalam kayu cendana dapat berfungsi sebagai agen anti penuaan. Bagi Anda yang mempunyai flek hitam karena penuaan, isa menggunakan kayu cendana untuk menguranginya. Caranya, siapkan kayu cendana, air mawar dan perasan air lemon. Kemudian campurkan semua bahan tersebut dan oleskan pada area yang terdapat flek hitam dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu bilaslah dengan air dingin. Anda bisa menggunakannya sebelum tidur dan membiarkannya semalaman untuk hasil yang lebih maksimal.

4# Butter Milk

Butter milk ini juga mempunyai manfaat yang bagus untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya ambil butter milk lalu gunakan bola kapas untuk mengoleskan pada area wajah yang berflek hitam. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Butter milk  ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.

5# Pepaya

Kandungan enzim papain pada buah pepaya dapat dengan mudah menghilangkan fllek-flek hitam sekaligus mencerahkan wajah. Langkahnya begini, ambil buah pepaya matang kemudian hancurkan hingga berbentuk pasta kental. Kemudian oleskan pada area wajah berflek hitam dan diamkan selama 15 menit barulah bilas dengan air. Dengan cara mudah ini flek-flek hitam pun akan berangsur-angsur hilang.

6# Lidah Buaya

Selain terkenal manfaatnya untuk menghilangkan bekas luka bakar, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek-flek hitam pada wajah. Caranya sangat mudah, cukup oleskan lidah buaya secara perlahan pada area berflek hitam kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lidah buaya ini juga efektif menghilangkan noda hitam akibat jerawat.

7# Susu

Cara mengatasi flek hitam di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan susu. Kandungan asam laktat dalam susu dapat mengelupas kulit mati dan membersihkan pori kulit wajah. Khasiat paling pentingnya tentu saja mencerahkan noda hitam. Caranya, basahi bola kapas dengan susu dan gosokkan perlahan dengan gerakan memutar pada wajah. Lakukan perawatan ini secara teratur supaya flek hitam cepat hilang.

8# Oatmeal

Oatmeal juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam di wajah. Langkahnya, haluskan oatmeal dengan cara diblender sampai menjadi bubuk. Kemudian tambahkan dua sendok makan air perasan lemon dan aduk hingga rata sampai seperti pasta. Setelah itu oleskan pada wajah sambil digosokkan secara perlahan dengan gerakan memutar. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

9# Kentang

Kentang juga dikenal ampuh untuk menyamarkan flek-flek hitam di wajah dengan cepat. Caranya begini, iris kentang tipis-tipis kemudian masukkan irisan kentang ke dalam kulkas dan diamkan selama 2-3 jam. Setelah itu gosokkan irisan kentang tersebut ke area kulit secara perlahan dan diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

10# Tomat

Kandungan vitamin C pada tomat juga bermanfaat untuk mencerahkan sekaligus memudarkan flek hitam bekas jerawat. Langkahnya, ambil beberapa tomat matang lalu cuci hingga bersih dan haluskan dengan blender sampai lembut. Kemudian oleskan secara merata pada wajah dan leher dan biarkan selama 20-25 menit. Terakhir bilas dengan air hingga bersih.


15 Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah Lainnya


11. Minyak Jarak
12. Kulit Semangka
13. Beras
14. Alpukat
15. Strawberry
16. Bengkoang
17. Mentimun
18. Minyak Almond
19. Cuka Sari Apel
20. Minyak Vitamin E
21. Bawang Merah
22. Jeruk Nipis
23. Kunyit
24. Yogurt
25. Banyak Minum Air Putih

Dengan mengetahui banyaknya cara mengatasi flek hitam di wajah, diharapkan Anda dapat memilih bahan alami yang terbaik. Penggunaan bahan alami untuk mengatasi flek hitam tentunya tidak akan menimbulkan efek samping sehingga Anda tidak perlu khawatir. Selain itu bahan-bahan alami di atas juga dapat dengan mudah Anda temukan di sekitar. Dengan perawatan yang teratur, maka flek-flek hitam di wajah pun akan hilang.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami"